Cara Menentukan Bentuk Wajah Wanita

Bentuk wajah merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan dalam tata rias wajah, karena setiap orang memiliki bentuk wajah yang unik dan berbeda. Secara umum terdapat beberapa tipe bentuk wajah, bentuk wajah oval dipandang sebagai bentuk wajah yang paling ideal. Cara menentukan bentuk wajah wanita ditentukan oleh kedudukan dan menonjolnya tulang-tulang muka.

Cara Menentukan Bentuk Wajah wanita, dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Siapkan alat pengukur (pita ukuran), ukur panjang wajah mulai batas tumbuhnya rambut di bagian dahi, sampai batas bawah dagu, misalnya diperoleh ukuran panjang wajah 18cm.
  2. Ukuran panjang wajah yang telah diperoleh kemudian dibagi tiga, misalnya panjang wajah 18cm dibagi 3 hasilnya 6cm.
  3. Ukur dari bagian bawah puncak hidung sampai batas bawah dagu. Apabila setelah diukur jumlahnya 6cm, dalam arti sama seperti hasil pembagian tadi, maka bentuk wajah ini termasuk tipe wajah oval. Jika hasil pengukuran jumlahnya lebih panjang dari 6cm, maka tipe bentuk wajah ini termasuk tipe wajah panjang (long). Sebaliknya jika ukurannya lebih pendek dari 6cm berarti termasuk tipe wajah bulat.
  4. Bentuk wajah persegi, dilihat dari perbandingan ukuran lebar pelipis dengan lebar rahang. Jika ukurannya sama, berarti termasuk tipe wajah bentuk persegi. Lebar pelipis diukur dari pelipis kiri ke pelipis kanan, demikian pula untuk lebar rahang.
  5. Bentuk wajah segitiga (bentuk heart) dilihat dari perbandingan ukuran lebar pelipis dengan lebar rahang bentuk memanjang. Jika ukuran lebar pelipis lebih besar dari lebar rahang, berarti termasuk tipe bentuk wajah segitiga, sebaliknya jika lebar rahang lebih besar dari lebar pelipis, berarti termasuk tipe bentuk wajah segitiga terbalik atau bentuk buah pear.
cara mengenal dan menentukan bentuk wajah wanita

Bentuk Wajah Wanita

Cara Menentukan Bentuk wajah wanita dapat dikelompokan menjadi 6 tipe, sebagai berikut :

  1. Bentuk wajah segitiga terbalik (heart) memiliki ciri : dahi dan wajah terlihat lebar, garis rahang sempit, dagu menyempit, tajam dan panjang.
  2. Bentuk wajah panjang (long) memiliki ciri : bentuk wajah terkesan sempit, garis pertumbuhan rambut lurus, bentuk dahi panjang dan lebar.
  3. Bentuk wajah oval memiliki ciri : ukuran lingkaran raut muka kira-kira satu setengah kali lebih panjang dari lebar muka yang diukur melalui tulang kening. Ciri lainnya wajah terlihat simetris dan seimbang, garis rahang tidak terlalu menonjol.
  4. Bentuk wajah segitiga (triangle) memiliki ciri : lebar dahi lebih kecil dari lebar rahang dan dagu.
  5. Bentuk wajah persegi (square) memiliki ciri : dahi lebar, garis pertumbuhan rambut di dahi lurus, perbandingan antara panjang muka dengan lebar muka hampir sama, garis rahang kuat dan berbentuk persegi serta dagu tidak terlalu lancip.
  6. Bentuk wajah bundar (round) memiliki ciri : garis pertumbuhan rambut melengkung bulat, dahi lebar, pipi terkesan penuh dan bulat, garis rahang dan dagu membentuk setengah lingkaran. Secara keseluruhan semua tampak bundar.

Free Konsultasi Makeup & Hijab

tutorial flawless makeup untuk pemula 085694003331

Konsultasi Makeup Hijab

 

Baca Artikel Lainnya : Tutorial Flawless Makeup untuk Pemula, Cara Alami Merawat Wajah Tanpa Krim Pemutih, Jenis dan Fungsi Kuas Make Up untuk Wajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *